Payung Teduh




Biografi dan Profil Lengkap Payung Teduh




Hasil gambar untuk gambar payung teduh HD



– Payung Teduh adalah salah satu band alternatif Indonesia yang beraliran fusi antara Folk, Keroncong dan Jazz atau lebih dikenal dengan Musik Indie. Band Payung Teduh ini lahir dari dua orang sahabat yang berprofesi sebagai pemusik di Teater Pagupon yang senang nongkrong bareng di Kan kantin Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, mereka yaitu Mohammad Istiqamah Djamad (Is) dan Comi Aziz Kariko yang senang bermain musik bersama di kantin, selasar gedung kampus, tepi danau hingga event di luar kampus. Secara tidak sadar kebersamaan mereka dalam bermusik telah menguatkan karakter bermusik mereka dan telah disadari bagi orang sekitar yang sering menyaksikan mereka bermain musik bersama.
Payung Teduh terbentuk tahun 2007 dengan formasi awal Is dan Comi saja. Namun sadar akan eksplorasi bunyi dan performa panggung, pada tahun 2008 mereka mengajak Alejandro Saksakame atau Cito bergabung sebagai drummer dan pada tahun 2010 mereka mengajak Ivan Penwyn bergabung sebagai pemain gitarlele.


Profil Singkat Payung Teduh

Nama : Payung Teduh (Band) Asal : Jakarta, Indonesia Genre : Indie, Keroncong, Jazz Tahun aktif : 2007–sekarang Label : Ivy League Music Anggota :
Mohammad Istiqamah Djamad (Vokalist)
Comi Aziz Kariko (Contra Bass)
Alejandro Saksakame (Drummer)
Ivan Penwyn (Gitarlele)

Karya-Karya Payung Teduh

Angin Pujaan Hujan adalah lagu pertama yang memunculkan warna musik mereka sendiri. Seiring berjalannya waktu tercipta lagu-lagu lain seperti Kucari Kamu, Amy, Untuk Perempuan Yang Sedang Dalam Pelukan, termasuk karya dari pementasan teater bersama Catur Ari Wibowo seperti Resah, Cerita tentang Gunung dan Laut, dan juga karya Amalia Puri yang berjudul Tidurlah dan Malam. Pada akhirnya Payung Teduh memutuskan untuk membuat album indie pertamanya yang dirilis dipenghujung 2010.
Genre musik yang dimainkan Payung Teduh tidak mempunyai batasan, musik yang dimainkan Payung Teduh adalah musik Payung Teduh itu sendiri. Pada album pertama dapat dikatakan karakter musik yang dibawakan Payung Teduh seperti musik pada era golden 60’s dengan balutan keroncong dan jazz. Apabila ditanya jenis musik apa yang diusung Payung Teduh, maka Payung Teduh menyerahkan sepenuhnya pada pendengar.Artinya payung teduh tidak akan hanya berhenti di satu genre tertentu, anak tetapi yang pasti tetap bermusik dengan ciri yang sudah mereka miliki.
Pada tahun 2013, Payung Teduh merilis album studio kedua mereka berjudul Dunia Batas dengan label label Ivy League Music yaitu sebuah label indie. Pada 11 November 2014, pihak Label mngumumkan link digital download album Dunia Batas inidan pada 18-19 April 2015 album ini dirilis dalam bentuk kaset secara terbatas hanya 300 keping saja oleh Record Store Day Indonesia. Album Dunia Batas bersisi 8 lagu yaitu Berdua Saja, Menuju Senja, Untuk Perempuan Yang Sedang Dalam Pelukan, Rahasia, Angin Pujaan Hujan, Di ujung Malam, Resah dan Biarkan.
Pada tahun 2015, Payung teduh merilis lagu berjudul Masa Kecilku dan pada tahun 2016, Payung teduh kembali merilis album yang berjudul Live and Loud dan lagu dalam album tersebut diantaranya Menuju Senja, Kucari Kamu, Biarkan-Resah, Berdua Saja-Rahasia, Kita Adalah Sisa-Sisa Keihklasan Yang Tidak Diikhlaskan, Di Ujung Malam, Tidurlah, Cerita Tentang Gunung Dan Laut, Amy, Untuk Perempuan Yang Sedang Dalam Pelukan, Angin Pujaan Hujan.
Pada tahun 2017 ini, Payung Teduh kembali merilis single berjudul “Akad”. Lagu tersebut kini sedang viral di dunia maya dan banyak pula orang yang mengcover lagu tersebut.

Profil dan Biodata Personil Payung Teduh

Profil dan Biodata Mohammad Istiqamah

Nama: Mohammad Istiqamah Djamad Nama Panggilan: Is Tempat, Tanggal Lahir : Makassar, 24 Januari 1984 Posisi: Vokalis, Gitaris

Biografi dan Perjalanan Karir Mohammad Istiqamah

Mohammad Istiqomah Djamad atau lebih dikenal dengan Is adalah vokalis sekaligus pemegang gitar dari band Payung Teduh yang saat ini sedang populer. Is lahir di Makassar, 24 Januari 1984.
Mohammad Istiqomah Djamad terjun ke dunia musik saat ia masih kecil. Karena sejak kecil ia menyukai musik. Ia menempuh pendidikannya di PNJ-UI dengan jurusan Tekhnik Elektro. Namun pendidikan tersebut tidak berjalan mulus karena ia tidak lulus. Setelah tidak lulus dari pendidikan tersebut, kemudian mendapat beasiswa dari Yamaha Master Course Academy dan menempuh pendidikan disana hingga ia lulus. Kecintannya pada dunia musik mengantarkannya ke karir yang lebih baik. Ia sekarang juga menjadi instruktur vocal dan juga instruktur gitar di Yamaha. Tak hanya keahlian musik yang ia miliki, ia juga memiliki kecintaan terhadap teater dan drama. Tak heran jika ia masih tetap aktif di Pagupan teater dan juga drama. Ia juga memiliki kegiatan lain seperti mengajar acting, menari, music dan vocal serta mengarahkan pementasan drama tahunan untuk ke 28 siswa SMA.
Kecintaan bermusik Is, ia dapatkan dari Cake, Antonio Carlos Jobim, dan juga Chris Cornell. Selain kecintaan terhadap music, teater dan juga drama, ia juga memiliki hobi berolahraga seperti bermain sepak bola, basket, berenang. Ia juga termasuk penggemar berat mie instan.
Mohammad Istiqomah Djamad pernah meraih AMI Award untuk nominasi Artis/Kolaborasi Soul/R&B/Urban terbaik. Pada tahun 2007, Is dan Aziz Kariko membentuk Payung Teduh karena mereka memiliki kecintaan yang sama pda musik dan berprofesi sebagai pemusik di Teater Pagupon.

Profil dan Biodata Comi Aziz Kariko

Nama : Comi Aziz Kariko Nama Panggilan : Comi Lahir : 24 Februari 1984 Posisi : Contra Bass

Biografi dan Perjalanan Karir Mohammad Istiqamah

Aziz Kariko lahir pada 24 Februari 1984, Ia adalah pemegang Contra Bass di Payung Teduh. Selain sebagai personil Payung Teduh, Ia juga merupakan seorang dosen Sastra Inggris di Universitas Bina Nusantara. Ia memiliki panggilan akrab sejak ia kecil yaitu Comi. Comi merupakan orang yang memiliki kecintaan terhadap beladiri Bazilian Jiu-Jitsu.
Aziz Kariko menempuh pendidikan S1 Sastra Inggris di Universitas Bina Nusantara dan ia melanjutkan S2 Cultural Studies di Universitas Indonesia.
Sejak kecil Comi sudah menyukai musik, saat kecil ia dihadiahi sebuah Contra Bass oleh ibunya. Sambil mengisi waktu luang saat tidak ada panggilan untuk manggung, ia menjadi instruktur bass di Sekolah Musik Willy Sumantri atau mengikuti kompetisi Jiu-Jitsu.
Selain aktif dalam olahraga Jiu-Jitsu, Comi memiliki tempat beladiri sendiri bernama Lutador. Dan ia masih bisa menyempatkan diri untuk bermain game.
Ia bertemu dengan Is di tempat Teater Pagupon dimana mereka menjadi pengisi musik untuk teater Pagupon. Mereka berdua memiliki hobi yang sama yaitu bermain basket. Akan tetapi, Comi memiliki hobi lain yaitu bermain game dan sejak masih kecil ia telah menjadi videogamer hardcore. Ia dan Is merupakan pembentuk awal Payung Teduh.

Profil dan Biodata Alejandro Saksakame

Nama : Alejandro Saksakame Nama Panggilan : Cito Lahir : 02 April 1984 Posisi : Drummer, Cajon

Karir dan Biografi Lengkap Alejandro Saksakame

Alejandro Saksakame atau akrab dipanggil Cito ini adalah drummer dari band Payung Teduh. Cito ini lahir pada 02 April 1984. Ia merupakan bergabung dengan band Payung Teduh pada tahun 2008.
Cito merupakan salah satu mahasiswa dari Universitas Padjajaran dan juga desain grafis. Ia sangat menyukai binatang terutama reptile seperti ular dan dinosaurus. Jika saja dinosaurus masih ada atau tidak punah di bumi ini, pasti ia sangat menyukai binatang tersebut. Selain memiliki pengetahuan yang bagus tentang musik, ia merupakan seorang yang memiliki pengetahuan tentang kerajaan hewan. Pada tahun 2008, ia bertemu dengan Is dan disitulah awal mula ia, Is dan juga personil lainnya membentuk band Payung Teduh setelah beberapa lama. Cito juga merupakan seorang pegawai honorer.
Selain memiliki pengetahuan tentang reptil, ia juga penggemar berat group band Dream Theater, dimana genre band tersebut sangat bertentangan dengan cara ia bermain di Payung Teduh. Berkat kecintaannya pada band Dream Theater tersebut, membuatnya memiliki minat untuk dapat membentuk group band rock progresif yang ia dirikan bersama Is dan juga teman-temannya yang diberi nama “Mirror”. Sebagaimana diketahui, Payung Teduh merupakan band bergenre Indie, keroncong, dan juga jazz yang mana bertentangan dengan apa yang ia pelajari saat itu.Disitulah tantangan terbesar dimana ia harus menyesuaikan diri dengan band Payung teduh dengan genrenya yang sangat bertentangan dengannya yaitu Rock Progresif.
Ivan Penwyn

Profil dan Biografi Lengkap Ivan Penwyn

Nama: Ivan Penwyn Nama Panggilan : Ivan Lahir : 31 Desember 1985 Posisi : Guitalele, Saxophone

Biografi dan Perjalanan Karir Ivan Penwyn

Ivan Penwyn lahir pada 31 Desember 1985. Ivan merupakan salah satu personil dari Payung Teduh yang berposisi sebagai pemain Guitalele. Ivan Penwyn menempuh pendidikan di Universitas Indonesia Jurusan Ilmu Filsafat. Ivan merupakan salah satu personil Payung Teduh yang pemalu. Ia bergabung dengan Payung Teduh pada tahun 2010 setelah sebelumnya Is dan juga Comi mengajak Cito pada tahun 2008 sebagai drummer.
Demikian artikel tentang”Biografi dan Profil Lengkap Payung Teduh – Band Indie Terkenal Indonesia“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

SkinyFabs

Pencipta permainan Bola Basket

Bigrafi TULUS