Pendakian Gunung puntang

  

                                     Gunung Puntang,Puncak Mega

Hasil gambar untuk gambar gunung puncak mega



Hallo sabahat Travelers!! Di sini saya akan membahas tentang  tempat yang cocok bagi yang suka  mendaki gunung nih yaitu Gunung puntang. Check it out!!


Gunung Puntang, Puncak Mega 

Hasil gambar untuk gambar gunung puncak mega


Gunung Puntang merupakan tempat wisata alam yang berada di Bandung Selatan yang menawarkan eksotisme keindahan alam pegunungan di wilayah Bandung. Selain itu tempat ini juga sering dikenal sebagai bumi perkemahan Gunung Puntang. Bandung sebagai kawasan wisata alam memang sudah tidak diragukan lagi keindahannya. Banyak sekali  tempat wisata yang bisa Anda datangi seperti Gunung Tangkuban Perahu, Lembang, Maribaya, Ciater dan lain sebagainnya.

Sekarang ini tempat wisata yang menawarkan keindahan alam dengan suasana yang tenang dan udara yang sejuk menjadi tempat wisata yang populer dan banyak di datangi oleh masyarakat, salah satunya yaitu Gunung Puntang Ciwidey. Bagi para pencinta alam atau para pendaki tempat wisata ini menjadi tempat yang wajib Anda datangi.

Pegunungan  yang ada di Bandung ini memang menawarkan banyak keindahan alamnnya. Dibawah ini merupakan beberapa hal yang menarik yang dapat Anda kunjungi dan nikmati saat pergi mengunjungi Gunung Puntang Banjaran yang berada di Bandung.

   

.Nah guys ini adalah pemandangan puncak mega indah bukan,Puncak tertinggi di deretan Malabar ini ada di ketinggian 2.343 meter di atas permukaan laut. Banyak gunung yang berdiri mengitari kawasan Pegunungan Malabar ini. masyarakat mengetahui dengan nama Gunung Wayang, Haruman, Batu & Puntan. Puncak Mega adalah puncak tertinggi dari Gunung Puntang dengan ketinggian 2222/2223 mdpl.

Untuk menuju ke Puncak Mega dibutuhkan waktu setidaknya 3-4 jam berjalan kaki. Mencapai puncak ini para pendaki dapat melalui 2 jalur pendakian yaitu jalur umum & VIP.


Perbedaan umum dan VIP dari segi tempuh waktu perjalanan nya dengan lebih cepat melalui VIP, tapi trek yang ditawarkan lebih curam juga dan biasanya pendaki kebanyakan melalui jalur umum yaitu dari jalur PGPI (Persaudaraan Gunung Puntang Indonesia).


Awal pendakian sama seperti gunung pada umumnya, pendaki akan melalui perkebunan milik warga. Setelah itu mulai memasuki hutan yang masih rimbun dan asri. Dua jam berjalan di hutan, selanjutnya pendaki akan memasuki kawasan Batu Kereta dan menemui batas vegetasi hutan dengan pasir dan bebatuan.


Jalur yang dilalui setelah Batu Kereta bisa dikatakan cukup ekstrim, dikarenakan jalur sangat sempit dan diapit jurang ratusan meter di kedua sisi.


Menanjak di trek pasir dan bebatuan sekitar 45-60 menit, pendaki baru bisa sampai di Pos 1 yang biasa dipakai untuk mendirikan tenda. Jarak Pos 1 menuju puncak hanya 5 menit dengan jalan yang landai.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SkinyFabs

Pencipta permainan Bola Basket

Bigrafi TULUS